Pages

Subscribe:

Rabu, 19 Oktober 2011

9 Tips Merawat Laptop Kesayangan

Seiring dengan perkembangan zaman, laptop bukanlah menjadi barang langka yang dimiliki oleh orang kaya. Apalagi sekarang laptop kredit juga sudah ada. Bahkan karyawan-karyawan kantor sekarang banyak yang bekerja menggunakan laptop.

Kebanyakan orang lebih memilih laptop daripada PC, padahal untuk daya tahannya masih kuat PC dengan laptop, mungkin karena anggapan orang membawa laptop itu lebih keren kali ya....

Menurut aku sih, kalau masih tahap belajar lebih enak pakai PC karena kalau rusak atau terkena virus yang parah tinggal install ulang beres deh, tapi kalau laptop jangan!!!! Kalau keseringan install ulang nanti kasihan hardisknya nanti laptop kesayangan kita cepat rusak. Terus apalagi selain gak boleh sering-sering install ulang agar laptop kesayangan kita awet??? Ini ada beberapa tips sederhana untuk merawat laptop kesayangan kita.

  1. Hati-hati download software gratis dari internet

    Gunakan saja software yang telah anda dapatkan dari paket laptop yang anda beli atau software yang sudah terpercaya. Jangan asal install software apalagi untuk percobaan software baru yang baru didapat dari internet. Jika anda ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah discan dulu software tersebut dengan antivirus yang anda miliki.
     
  2. Jangan letakkan laptop disembarang tempat

    Disembarang tempat ini maksudnya “hapis pakai langsung ditinggal” jadi kalau kita memakai di kamar tamu,setelah selesai bereskan dulu laptopnya disimpan ditempat biasanya.
     
  3. Tancapkan ke stabilizer listrik laptop Anda

    Jika anda sedang memakai laptop dengan menggunakan listrik dan melepas tanpa baterai (biasanya untuk menjaga baterai tidak cepat aus), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop anda.
     
  4. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop

    Seringkali dijumpai seseorang yang menggunakan laptop, kemudian meletakkan kertas-kertas di atas keyboard laptop, kemudian menutup laptopnya. Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar tergores menjadi besar.
     
  5. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk

    Misalnya laptop anda letakkan pada sofa yang sangat empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalam sofa. Ini adalah sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop. Sirkulasi udara akan sangat terganggu di ruang processor.
     
  6. Berhati-hatilah ketika membawa laptop anda di dalam tas

    Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop anda. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop.
     
  7. Jangan minum dan meletakkan benda mengandung cairan di sekitar laptop

    Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard .
     
  8. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop anda sendiri

    Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana kecuali anda memang seorang teknisi laptop. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop anda.
     
  9. Bersihkan laptop secara berkala

    Jangan malas, karena jika laptop terlalu kotor, maka akan menghambat ventilasi udara, sudah minim ruang didalam laptop jangan diperparah dengan sumbatan debu. Selain itu jika terlalu kotor biasanya mengakibatkan layar LCD tergores saat dibersihkan, karena gumpalan debu yang terlindas kain lap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar